Mulailah dengan Melakukan Tindakan Kecil Secara Berulang

Jika anda merasa sulit untuk mencapai perbaikan beberapa waktu belakangan ini, maka saatnya untuk melihat kembali kebiasaan-kebiasaan yang dapat menghambat diri kita untuk berkembang.

Sebagaimana tidak ada capaian yang dapat terjadi secara instan, maka melakukan perbaikan dalam diri juga membutuhkan waktu. Merubah sebuah kebiasaan dalam rangka perbaikan diri itu dapat dilakukan secara perlahan dan konsisten.

Capaian yang besar dimulai dari sebuah langkah kecil yang dilakukan secara terus menerus. Hal inilah yang biasa dibagikan oleh orang-orang yang biasa bekerja pada industri kreatif. Meskipun sepertinya industri tersebut membutuhkan inspirasi untuk datang, namun nyatanya menerut mereka kebiasaan kecil itulah yang mendatangkan inspirasi.

Jika kita mampu untuk membentuk sebuah kebiasaan baru yang didasarkan atas perlakuan-perlakuan positif kecil secara rutin. Maka secara tidak langsung perubahan kecil itu juga yang menjadi kebiasaan baru yang berdampak pada capaian jangka panjang.

Tetapi, yang perlu diingat adalah jangan asal melakukan, lakukanlah sesuatu yang memang berkaitan dengan target kita.

Rubahlah lingkungan

Langkah pertama untuk keluar dari kebisaan buruk adalah dengan merubah lingkungan. Merubah lingkungan dapat melalui hal seperti mengganti tata letak barang anda, mengganti warna sampai melakukan penyederhanaan atau membuang hal-hal yang tidak diperlukan. Faktor lingkungan sangat berpengaruh dalam kinerja kita.

Penelitian tentang tata letak ruangan tersebut telah dilakukan oleh berbagai lembaga sebelumnya. Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Oxford Economics misalnya, menjelaskan tentang produktivitas pegawai yang juga berhubungan dengan desain ruang.

Misalnya, jika pekerjaan kita berkaitan dengan pencarian ide-ide baru, maka kita juga perlu merancang ruangan yang mampu untuk mengakomodasinya. Tingkat cahaya, kerapihan meja kerja serta hal-hal lain yang dapat mengganggu, seperti suara bising, maka kita perlu membenahinya. Masing-masing individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk kenyamanan tempat kerja.

Selain itu, relasi kita juga berperan penting dalam mendukung perbaikan diri. Memilih lingkaran pergaulan baru akan sangat membantu sekali terutama jika orang-orang tersebut dapat mengingatkan tentang target kita. Orang-orang sukses biasanya memiliki seorang mentor untuk membantu mereka menjadi sukses. Pilihlah seorang mentor yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan latar belakang kita.

Selanjutnya, rubahlah juga cara pikir kita. J.K Rowling adalah penulis buku Harry Potter yang memiliki latar belakang kehidupan sulit dan pernah hampir kehilangan tempat tinggal akibat tidak memiliki cukup uang. Tetapi saat ini, dia menjadi salah satu orang terkaya di Inggris dan termasuk salah satu wanita berpengaruh di dunia. Dalam hal sebuah polapikir, dia berpendapat bahwa kesuksesan bukanlah sebuah takdir. Tetapi kesuksesan merupakan sebuah pilihan yang kita buat sehari-hari.

Pilihan tersebut akan muncul tergantung pada pola pikir kita. Apakah memilih untuk sukses dan menikmati berbagai macam kegagalan sebelum kita dapat merasakan sukses tersebut? Ataukah memilih untuk menyerah?

Lakukan perbaikan meskipun hanya 1 PERSEN [1%]

Perubahan itu perlu dilakukan secara perlahan dengan menyesuaikan kebutuhan diri kita. Sebaliknya, hal yang terjadi seketika biasanya hanya sebuah emosi sesaat.

Seperti saat kita menonton acara televisi yang menampilkan aktor yang memiliki badan bugar. Seketika itu juga menarik perhatian kita untuk melakukan olah raga selama berjam-jam dalam satu hari. Setelah itu, kita berkaca dan melihat tidak terjadi apa-apa pada tubuh kita.

Memang tidak akan terjadi apa-apa, karena kebugaran tidak terjadi hanya dalam satu malam. Untuk mencapai hasil kebugaran yang diinginkan, maka yang diperlukan adalah dengan melakukan hal-hal kecil secara rutin. Misalnya menyediakan waktu di pagi hari untuk berlari selama 20 sampai 30 menit. Selain itu, kita juga perlu menjaga asupan gizi makanan kita.

Begitu juga dengan insting kita. Perilaku kita untuk menuju sukses. Jika kita ingin keluar dari kebuntuan saat ini, maka salah satu hal kecil yang dilakukan adalah dengan mencoba menuliskan sepuluh ide baru setiap hari.

Ide tersebut untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan kita. Tidak perlu terlalu radikal, namun sebuah hal kecil yang mampu membawa kita menuju pada perbaikan.

Seringkali, sebuah solusi tidak datang dengan berdiam diri dan berharap sesuata akan berubah. Melainkan, sebuah solusi besar akan datang atas ketekunan kita dalam memberikan solusi kecil pada masalah besar. Dengan adanya sepuluh ide baru tersebut, maka sudah membantu kita untuk meningkatkan minimal 1 persen dari kapasitas diri kita.

Be the best of yourself everyday/

Jadilah diri terbaik and setiap hari

Lakukanlah secara berulang

Setelah kita menuliskan ide-de baru, maka cobalah untuk melakukan rencana-rencana yang telah kita buat. Jika anda telah melakukannya maka akan muncul pertanyaan-pertanyaan baru. Jika pertanyaan menjadi lebih banyak daripada jawaban yang ada. Maka di situlah pertanda jika kita telah mencoba untuk membuat peluang-peluang baru.

Selain itu, untuk menghindari sebuah target yang tidak realistis atau sulit untuk dilakukan, cobalah membuat jadwal yang lebih detail dan berhubungan dengan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

“The secret of your success is determined by your daily agenda./

Rahasia sukses anda ditentukan oleh jadwal anda sehari-hari”

Bill Gates