Membangun Karier

Bekerja di perusahaan impian atau bahkan mendirikan perusahaan sendiri dan memperoleh imbalan yang cukup merupakan dambaan setiap orang. Namun kenyataannya, karier tidaklah didapat begitu saja. Terlebih lagi jika kamu baru menyelesaikan kuliah. Artikel ini cocok buat kamu yang sedang gusar dengan masa depan karirmu.

Sadarilah, bahwa kamu harus berusaha!

Terlahir di keluarga kelas menengah memang membantu sekali. Terutama lingkungan membuatmu memiliki banyak akses dan fasilitas. Namun, hal tersebut tidak menjadikan siapapun itu jadi berpangku tangan begitu saja dan berharap mendapatkan yang kamu inginkan secara cuma-cuma. Ada harga yang harus dibayar, ada keringat yang harus dicucurkan dan ada perjuangan yang harus dilakukan.

1. Kurangilah sosialisasi yang tidak bermanfaat;

Memiliki banyak teman memang memberikan manfaat dalam hidup. Kamu tidak akan merasa kesepian. Tapi hanya untuk sementara. Apakah kamu perlu berteman dengan semua orang? Belum tentu. Ingat, pada akhirnya kalian akan berjuang seorang diri. Pilihlah teman yang memang memberikan dampak bagimu. Temanmu juga akan mengambil posisimu di pasar kerja jika kamu tidak berusaha ekstra. Jadi jangan malu untuk mengatakan kalau kalian sedang sibuk. Kalau mereka mengejek? Carilah teman baru!

2. Eksplorasi hal yang kamu suka dan menghasilkan;

Melakukan hal yang disukai lebih menyenangkan dibandingkan kalau melakukannya dengan terpaksa. Tapi jangan salah mengerti, bukan hanya hal yang menyenangkan saja yang perlu diperhatikan. Kamu juga melihat minat yang memberikan hasil. Caranya, pelajarilah minatmu terhadap hal tersebut dan apakah kamu bisa melakukannya dengan baik? Kemudian, mulailah memasarkannya atau mengkomersialkannya. Ikutilah perkembangan pasar. Dari situ kamu akan mulai belajar tentang transaksi ekonomi sejak dini. Kamu juga akan menuai hasil dari hal yang kamu senangi daripada dari sesuatu yang terpaksa.

3. Mulailah mencari perusahaan yang sesuai dengan pengalaman eksplorasimu;

Saat tiba waktunya, kira-kira satu tahun sebelum lulus kuliah, perbanyaklah informasi tentang rekrutmen. Kamu sudah memulainya terlebih dahulu dengan mencuri start tentang kegiatan bisnis dengan perlahan mengkomersialkan hal yang kamu dalami. Ini adalah kunci keunggulanmu dengan yang lain.

4. Tidak ada capaian yang terjadi secara instan.

Sekarang, mulailah menekuni hal-hal yang kamu sukai itu, dan perlahan mengembangkannya menjadi karir ataupun menjadi sebuah produk yang kamu tawarkan di pasar. Kalau kamu bertanya-tanya kenapa tidak membuahkan hasil? Kamu menjadi terkucilkan dari teman-temanmu, sedangkan mereka asik bersenang-senang dan bersantai. Teruslah berjalan dan jangan berhenti. Hasil nyata akan mulai terlihat pada lima sampai delapan tahun setelahnya. Yakinlah, tidak ada karir yang diperoleh secara instan.